Home » Kolom » Surat Terbuka Ketua DPD kepada Anggota Dewan PKS

Surat Terbuka Ketua DPD kepada Anggota Dewan PKS

Anggota Dewan yang baru mengapit syaiful Ali Fatah; Anggota Dewan sebelumnya.

Malang, 26/08-2019 – Ernanto Djoko Purnomo, Ketua Umum DPD PKS Kota Malang rupanya tidak cukup puas dengan penjelasan lisan tentang pesan terhadap Enam (6) Orang Anggota Dewan terpilih dari PKS. Buktinya, hari ini 26/8 orang nomor satu di PKS Kota Malang ini menulis surat terbuka yang ditujukan kepada Anggota Dewan terpilih. “Saya ingin selain check and balances dari kami di Partai, masyarakat Kota Malang juga turut andil mengawasi beliau-beliau khususnya di PKS,” urai Djoko.

Berikut pesan Ernanto Djoko Purnomo kepada Enam orang Anggota DPRD Kota Malang dari PKS:

JURUS MABOK PKS
(Surat terbuka)

Kepada Saudara-saudaraku
6 Anggota DPRD Kota Malang dari PKS
Yang saya cintai.

Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin, kalian sudah dilantik menjadi anggota DPRD Kota Malang pada tanggal 24 Agustus 2019. Amanah yang kalian pikul itu berat, apalagi dalam kondisi Kota Malang yang masih banyak PR menanti. Ingatlah amanah ini bukan sebuah kemuliaan (tasyrif), tapi menjadi beraneka beban (taklif) buat kalian. Karenanya saya memahami kebingungan kalian saat resmi mendapat amanah ini, antara mengucapkan innalillah atau alhamdulillah.

Innalillah (nya); karena banyak yang akan “hilang” dari kalian, waktu untuk keluarga, tenaga, dan pikiran. Terutama “kebebasan ekspresi”, karena pejabat publik memaksa pemiliknya menjadi pusat perhatian. Bisa jadi begini dianggap salah, begitupun dianggap salah, bahkan resiko penjarapun menganga.

Alhamdulillah (nya); karena banyak kesempatan mendapatkan pahala amal sholih yang tidak dimiliki oleh orang lain. Bila satu perda yang baik telah kalian putuskan untuk kebaikan (maslahah) rakyat, maka pahala berlipat ganda mengalir buat kalian selama perda itu dijalankan, keren khan.
Oleh sebab itu, Allah telah memilihmu, yakinilah Allah selalu memberimu kekuatan lahir batin melewati jalan perjuanganmu menjaga Pancasila, NKRI dan mengisi kemerdekaan di Bumi Arema ini, kokohkan dan perbaharui selalu semangatmu agar kalian tetap istiqomah.
*(Atsbatul Mauqifan)

Saudaraku, Anggota DPRD Kota Malang dari PKS yang saya cintai.
Karena PR kota Malang sangat berat, “tsunami politik” belum selesai, ada “gempa politik” muncul. Belum masalah “PR harian” kota Malang yang masih perlu solusi cerdas dari kita semua. Sepertinya kalo PR ini kita kerjakan hanya dengan cara asaib sepertinya kadit beres-beres. Kota Malang Iki kudu digarap dengan cara luar biasa, extra ordinary, lek perlu nggae jurus MABOK, lebih MABOK lebih bagus.
Lho PKS kok ngajak kubam ker… he he kamsutku bukan MABOK Kubam ker… tapi maksud ayas MABOK itu sebuah akronim: Manfaat, Aman, Barokah, Olob (bolo: persaudaraan) dan Kipa (apik). Tapi nek MABOK dalam artian TOTALITAS juga boleh kok. Kalian harus MABOK cinta untuk melayani masyarakat kota Malang. Nek wis Lebih MABOK cinta, awan bengi-o tetep semangat ladub untuk melayani rakyat. Ngene iki Anggota Dewan sing mbois tenan ker. Hehe.

Saudaraku, Anggota DPRD Kota Malang dari PKS yang saya cintai.
Lima pesan ayas itu adalah tanda cinta kami sebagai pengurus partai, baik cinta kami kepada 6 anggota Fraksi PKS maupun cinta kepada masyarakat kota Malang. Ayas coba detilkan tiap point MABOK tersebut agar kita saling memahami rambu-rambu kerja Fraksi PKS untuk menuju Kota Malang Lebih Baik dan Lebih Bermartabat.

Lebih Manfaat (M)
Setiap kerja anggota dewan harus memperhatikan aspek Manfaat. Bahkan harus lebih Bermanfaat. Khairunnaas anfa’uhum linnaas, sebaik baik manusia adalah yang paling banyak manfaat bagi sesamanya. Jadikan diri kalian sebagai anggota dewan terbaik. Terdepan dan pelopor dalam setiap aktivitas kebaikan di tengah masyarakat. Jangan cepat puas dengan hasil yang dicapai, pacu diri harus lebih baik.
*(Aktsaru Naf’an)

Lebih Aman (A)
Setiap kerja anggota dewan harus lebih memperhatikan aspek Aman Hukum yang berlaku, namun juga tetap memperhatikan estetika dan adat yang berlaku di masyarakat. Jangan coba-coba mendekati aktivitas gratifikasi, korupsi atau sejenisnya, baik sebagai pelaku maupun penerima. Kuncinya Allah maha Tahu, kokohkan keimanan, kokohkan tertib organisasi internal partai maupun di kedewanan. Sajikan pendidikan politik terbaik untuk masyarakat khususnya bagi generasi muda penerus pemimpin bangsa. Komunikasikan secara tuntas setiap aktivitas kepada seluruh komponen pembangunan kota Malang, baik birokrat, TNI, Polri, ormas, Tokoh Agama, dan semua tokoh masyarakat. Dahulukan kebaikan bersama, sehingga Kota Malang Aman dan Nyaman.
*(Ashlabu Tandziman)

Lebih Barokah (B)
Setiap kerja anggota dewan harus lebih memperhatikan aspek keberkahan. Tidak hanya mengandalkan matematis dengan manajemen 5W 1 H atau analisa swot. Masalah-masalah kota Malang tidak bisa diselesaikan satu partai. Meski secara matematis kalian hanya ber-enam, pancing hasil kerja kalian agar lebih berkah dengan cara-cara yang dicintai oleh Allah Swt. Dan jauhi cara-cara yang dibenci-Nya. Tidak ada Rambo di antara kita. Tidak ada One Man Show, yang ada Super Team. Perbanyak team work, sebagaimana sholat berjamaah, pahalanya berlipat ganda khan? Bahkan libatkan semua Anggota Dewan bersama para tokoh, ahli dan pakar yang ada di kota Malang. Sehingga semakin banyak yang memikirkan semakin mendalam dan akurat kajian-kajian solusinya. Tidak terjebak gali lobang tutup lobang. Solusi yang ditemukan dengan super team lebih komprehensif, dan integrasi. Itulah nilai kerja yang lebih berkah.
*(A’maqu Fikron wa Ausa’u Nadhoron)

Lebih Olob (O)
Setiap kerja anggota dewan harus lebih memperhatikan aspek Olob (Bolo: persaudaraan). Jangan ada rivalitas di antara kalian, yang ada fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan. Porsi kerja dan amanah bisa jadi berbeda, maka bangunlah kebersamaan baik di antara kalian maupun dengan 39 Anggota Dewan lainnya. Lapangkan dada kalian di setiap menemui masalah. Sabar dan sholat adalah resep manjur tetap menjaga rasional dalam menghadapi masalah. Bila masalah itu melekat pada seseorang, pastikan yang kalian luruskan adalah gagasannya, kalo orang-orangnya adalah tetap sebagai olob ewed (saudara sendiri) seperjuangan. Sing jelas Olob podo arema e, Salam satu jiwa. Akehono bolo-mu lur. Siji mungsuh wis kakehan, sewu bolo isih kurang.
*(Arhabu Shodron)

Lebih Kipa (K)
Setiap kerja anggota dewan harus memperhatikan aspek Lebih Kipa (Apik). Lebih kipa atau lebih baik itu tolok ukur produktifitas kerja. Kalo ada kondisi di masyarakat sebelumnya buruk selanjutnya harus menjadi baik, bila sebelumnya sudah baik maka selanjutnya lagi harus lebih baik. Mulailah dari kalian yang terdepan, peloporilah mereka memperbaiki dari yang terdekat, dari yang kecil dan mulai dari sekarang. Semoga Kota Malang semakin kipa ilakes, dan segera terwujud Kota Malang lebih bermartabat.
*(Ansyatu ‘amalan)

Saudaraku, Anggota DPRD Kota Malang dari PKS yang saya cintai.
Sepurane ayas lur, yo iki jurus MABOK soko ayas. Bahasaku kadit iso koyok akademisi, kasar, ning iki tanda cintaku padamu (lebay he he), dan cinta lop kanggo seluruh masyarakat kota Malang. Nyuwun tulung, pigura hiasan dinding tema Lebih MABOK iki dipasang ning ruangan Fraksi PKS DPRD Kota Malang nggih, kanggo pangiling-iling sampeyan kabeh. Salam kangge sedoyo kemawon, Nuwus wis gabung lan milih PKS.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi wabarokaatuh
Ngalam, 24 Agustus 2019

ERNANTO DJOKO P.

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Tata Cara Berkurban Ala Rasulullah

Sebentar lagi Idul Qurban akan menghampiri kita. Hampir semua muslim bersukacita menyambut datangnya Hari Raya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.