Home » Berita » Spesialis Congkel Mobil di Malang Dibekuk

Spesialis Congkel Mobil di Malang Dibekuk

tersangka pencurianBATU – Kinerja anggota Polsek Junrejo dan Polres Batu patut jadi kebanggaan.Kurang dari empat jam, petugas berhasil mengungkap empat kawanan pencuri spesialis congkel mobil yang parkir di area parkir tempat wisata.
Petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, diantarannya tujuh keris, empat kamera, satu HP, satu tongsis, dan dua jam tangan.
“Barang bukti ini kami amankan dari mobil yang dikendarai tersangka,’’ kata Kapolres Batu AKBP Leonardus H Simarmata P.

Dia menjelaskan, empat tersangka yang memiliki identitas, Asmadi, 48 tahun, warga Ogan Komering Ilir, Lampung, Ahmad Sukri, 39 tahun, warga Cengkareng, Jakarta Barat, Masri, 38 tahun, Setiabudi, Jakarta Selatan, dan Rangga Kurnia, 29 tahun, warga Cipayung, Cikarang Timur.
“Mereka ini sengaja datang ke Kota Batu untuk melakukan pencurian. Keempatnya menggunakan sarana mobil Daihatsu Avanza B 1275 SIW,’’ kata Leonardus.
Aksi pencurian itu sendiri dilakukan para tersangka awalnya di area parkir Predator Fun Park. Saat itu empat pelaku berbagu tugas, yakni Masri bertugas sebagai driver, Asmadi sebagai eksekutor, sedangkan dua temannya sebagai pengawas. Mereka berhasil mengasak barang di mobil Honda CRV nopol N 1495 RE milik Ari Mustafa, tahun 38 tahun warga Gede Bage, Bandung. Di mobil tersebut, Asmadi berhasil membawa Kabul dua tas sekaligus, yang berisi barang-barang berharga.
Sukses di aksi pertama, keempat pelaku ini ketagihan. Mereka kembali melakukanb aksinya di area parkir warung Mbok Sri Jalan Beji. Tapi apes, di aksi keduanya ini, mereka gagal. Itu karena warga memergokinya. Alhasil, warga pun mengejar para pelaku.
”Saat itu satu orang yakni Asmadi dapat diamankan. Sementara tiga lainnya kabur. Mobil yang dikendarai para tersangka ini juga jadi sasaran warga, hingga berakibat kaca bagian belakangnya pecah,’’ kata Kapolres.
Ditangkap, Asmadi pun langsung diserahkan ke Polsek Junrejo, yang sore itu langsung melakukan pengembangan. Dari keterangan Asmadi, petugas langsung mendatangi vila tempat para tersangka ini menginap di daerah Songgoriti. Tapi demikian, tiga pelaku sudah pergi. ”Informasinya mereka naik ojek ke Pujon. Selanjutnya melanjutkan perjalanan naik bus Puspa Indah ke wilayah barat,’’ tambah Kapolres.
Mendapat informasi tersebut petugas pun menghubungi Polsek Kasembon, untuk kemudian melakukan razia ke setiap bus yang lewat. Hasilnya, tiga tersangka lainnya pun dapat ditangkap.
Sementara itu kepada wartawan, Asmadi dan rekan-rekannya mengatakan mereka baru kali pertama melakukan pencurian. ”Kami tahu batu dari Google Map, dan setiap liburan selalu ramai. Makanya kami ke sini,’’ kata Asmadi. Dia juga menjelaskan, rencananya hasil dari pencurian ini akan digunakan untuk hidup selama di Malang.
Ditanya soal keris yang ditemukan di mobil, emapt pelaku hanya mengatakan itu adalah barang koleksi saja. ”Belinya dirembang, untuk koleksi, tidak ada maksud lain,’’ tandas Asmadi. (disadur dari malang-post)

Print Friendly, PDF & Email

Check Also

Ini Arema Peraih Kalpataru

Malang, 28/07/2016 – Seorang dokter muda asal Bhumi Arema Kota Malang, dr. Gamal Albinsaid mendapatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.